Apa itu Investasi?

Anda tentu paham mengenai tabungan. Sama dengan tabungan, investasi adalah proses menanamkan sejumlah modal dengan tujuan mendapatkan imbal hasil. Bedanya?
Lihat selengkapnya...

Mengapa Kita Berinvestasi

Kita dapat berinvestasi melalui berbagai instrumen investasi. Masing-masing instrumen investasi memiliki tingkat risiko dan potensi imbal hasil. Prinsip dasarnya: semakin tinggi risiko, semakin tinggi pula potensi imbal hasilnya.

Lihat selengkapnya...

Siapa Perlu Berinvestasi

Semua orang, karena tidak satupun orang terbebas dari efek inflasi, apapun tujuan yang ingin mereka capai melalui simpanan uangnya. Untuk siapa kita berinvestasi?

Lihat selengkapnya...

Kapan Mulai Berinvestasi

Apakah saat ini pasar investasi sedang bagus? Atau jelek? Apakah tepat untuk mulai berinvestasi sekarang?

Pertama, mari kita lihat apa yang terjadi apabila kita menunda berinvestasi.

Lihat selengkapnya...

Bagaimana Berinvestasi

3 strategi investasi
Pada umumnya terdapat 3 jenis strategi investasi:
  1. 1. Lump Sum(seluruh modal ditempatkan pada suatu waktu)
  2. 2. Market Timing (modal dibagi menjadi beberapa satuan kecil dan ditempatkan pada waktu tertentu yang menurut investor menguntungkan, yaitu pada saat harga mengalami penurunan) 
  3. 3. Regular Investment (investasi secara rutin tanpa memperhatikan siklus pasar, misalnya setiap bulan pada tanggal gajian) 
Lihat selengkapnya...

Berinvestasi Dimana

Dengan begitu beragamnya instrumen investasi dengan risiko dan potensi imbal hasilnya masing-masing, seorang investor harus pandai memilih instrumen mana yang dapat dijadikannya kendaraan mencapai tujuan dalam hidupnya.

Selain itu terdapat begitu banyak batasan yang dihadapi. Di antaranya, minimal penempatan modal pada suatu instrumen investasi versus keterbatasan modal yang kita miliki, terbatasnya pengetahuan kita mengenai instrumen-instrumen investasi dan pergerakan pasar investasi, kurangnya pengalaman berinvestasi dan keterbatasan waktu kita untuk mengelola investasi. Padahal, prinsip dasar dalam berinvestasi adalah “Never put your eggs in a single basket”, dengan kata lain: diversifikasi. Diversifikasi investasi artinya menempatkan modal pada beberapa instrumen investasi agar risiko menjadi lebih terjaga dan potensi imbal hasil dapat dioptimalkan.

Lihat selengkapnya...